-->

JEMPUT DISDUKCAPIL: Gebrakan Bu Kades Cantik

JEMPUT DISDUKCAPIL: Gebrakan Bu Kades Cantik

LENSADESA
- Masih ingat nama Angely Emitasari? Ya, Bu Kades cantik yang kini memimpin desanya. Desa Kedungkumpul, Kecamatan Sukorame, Lamongan. Kades yang langsung melejit namanya dan viral di media massa sejak dilantik jadi kepala desa pada November 2019 lalu.

Bagaimana tidak? Di antara 250 lebih kepala desa, tersembul gadis berparas ayu yang akan juga dilantik oleh Bupati Fadeli di Pendopo Lokatantra, Pemda Lamongan. Sontak saja menarik perhatian publik. Apalagi setelah tahu latar belakang awalnya adalah penyanyi dangdut.

"Sebenarnya tidak ada niatan dari awal saya ingin menjadi kepala desa. Tapi warga dari beberapa elemen mendorong maju. Akhirnya saya beranikan diri maju setelah saya minta syarat harus benar-benar didukung jika nanti jadi. Ternyata kepilih betulan. Ya beginilah sudah suratan takdirnya. Berawal dari penyanyi dangdut saya harus menjadi Kepala Desa," ujar Angel kepada media.

Saking viralnya berita dilantiknya Angely ini sampai-sampai Hotman Paris memanggilnya untuk acara show di televisi. Sebuah kejutan lain yang tak dibayangkannya.

Lantas apa yang kemudian dilakukan Bu Kades setelah menjabat? Ternyata langsung melakukan gerak cepat. Mempelajari masalah desa dan langsung membuatkan solusinya. Gebrakan pertamanya adalah jemput bola ke Disdukcapil untuk datang ke balai desa Kedungkumpul dan membuatkan KTP bagi warga yang belum punya.

"Saya tahu persis banyak warga sini yang belum punya KTP Elektronik sebagai identitas tunggal penduduk. Padahal ini adalah masalah administrasi kependudukan yang sangat penting. Menyangkut data otentik warga. Tapi saya paham, desa kami ini sangat jauh dari kota. Hampir 70km. Jarak tempuhnya bisa satu sampai dua jam. Ini kendala bagi warga. Apalagi sebagai petani yang harus ke ladang sejak pagi. Maka harus ada solusi jemput bola. Dan itu yang saya lakukan setelah rapat dengan perangkat desa lainnya," papar Angel.

Tentu saja warga masyarakat Kedungkumpul sangat senang dengan gebrakan Bu Kades ini. Periode pertama mendatangkan petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamongan disambut sangat antusias oleh warga. Sampai semua mau antre dan berjubel menunggu giliran difoto. 

"Karena belum selesai dan masih banyak yang belum terekam maka kita adakan undangan yang kedua. Kita menyesuaikan jadwal dari Disdukcapil. Yang penting semua warga bisa terekam E-KTP. Alhamdulillah, lancar semuanya berkat kerjasama semua pihak," ujarnya.

Disinggung kira-kira apalagi gebrakan yang akan ia lakukan ke depannya nanti, Angel belum bisa membeberkan kepada Lensadesa.com.

"Sementara kita fokus ke pengendalian covid dulu. Keselamatan dan perlindungan jiwa semua warga Kedungkumpul sekarang kita nomor satukan. Nanti kalau wabah ini sudah pergi, kita akan lakukan gebrakan berikutnya. Saya harus serap aspirasi warga dan berembug dengan semua perangkat desa dulu. Baru bisa melaksanakan program. Yang jelas semua harus demi untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sini," ujar Angel menutup pembicaraan.(*Ebo)
LihatTutupKomentar