-->

PESANTREND MBAKUNG: Menebar Ilmu di Tengah Sawah

PESANTREND MBAKUNG  Menebar Ilmu di Tengah Sawah

LENSADESA - Ada yang menarik saat LensaDesa menjelajahi desa Sogo, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan ini. Di ujung desa, di tengah areal persawahan yang hijau, berdiri kokoh sebuah masjid  dan sebuah rumah mungil di sampingnya. Ada apa gerangan?

Setelah didekati, ternyata ini adalah sebuah pondok pesantren. Masjidnya dinamakan Masjid Mbakung. Pesantrendnya dinamakan pesantrend al-Nekadiyah karena dibangun secara nekad dan mandiri oleh para inisiatornya.

"Ya, benar, ini masjid kita bersama. MbaKung ini masjid terbuka. Makanya tidak berpintu dan tidak dikunci. Siapa saja boleh singgah di masjid ini. Baik untuk salat maupun sekedar istirahat sehabis bekerja di sawah," kata Ustad Huda, pemangku masjid.

Jika malam tiba, masjid berubah menjadi pesantrend. Yang boleh datang juga saja yang mau menimba ilmu. Cuma yang diajarkan bukan hanya ilmu agama. Tapi ada ilmu bisnisnya. Ada ilmu pengembangan diri. Ada ilmu pemberdayaan.

Suasana Selepas kajian Pesantren Mbahkung, Jamaah Makan Bersama

Aris Tiono, pengurus PesanTrend alNekadiyah menambahkan, pondok ini memang beda dibanding pondok pada umumnya. "Kami berkonsentrasi pada ilmu kehidupan. Banyak anak-anak muda yang masih menganggur di sini. Kami rangkul dan kami ajari ilmu bisnis. Mulai dari packaging sederhana hingga pelajaran online marketing. Supaya mereka berdaya dan mandiri," jelas Aris, yang pengusaha konveksi yang alumni SMP Negeri Babat ini.

Aris menambahkan bagi yang menimba ilmu di PesanTrend alNekadiyah ini tidak dipungut bayaran serupiah pun. Justru merekalah yang dibekali ilmu. Dengan mendatangkan teman-temannya sesama pengusaha untuk bersedekah ilmu. Dia berharap dengan pembekalan seperti ini akan lebih banyak lagi anak-anak muda di desanya yang punya motivasi tinggi untuk sukses meskipun pada awalnya penuh dengan keterbatasan dan fasilitas.

"Karena sukses itu pilihan dan hak setiap orang. Asal belajar ilmunya dan mau bekerja keras serta menempel kepada orang-orang sukses, mereka akan mencapai kesuksesan juga. Itulah pesan yang ingin kita sampaikan kepada seluruh warga di sini, supaya desa kami bisa semakin maju," ujar Aris menutup perbincangan. *Yun
LihatTutupKomentar