-->

BAWONO NIGHT SPECTACULER 2021: Ajang Promosikan Wisata Desa Deket Agung Pasca Pandemi

 



LENSADESA. Setelah vakum setahun lebih, Kepala Desa Dekat Agung, BUMDes, dan BPD sepakat membuat gebrakan untuk mempromosikan potensi desanya. Baik potensi wisata, potensi kuliner, dan ajang kreativitas anak mudanya.


"Setahun pandemi ini memang telah menghentikan banyak hal. Roda ekonomi tidak berputar. Potensi wisata desa mandeg. UKM Desa juga kehilangan tempat untuk mempromosikan produknya. Itulah sebabnya kami sepakat akan membuat terobosan. Bawono Night Spectacular ini adalah awal untuk menghidupkan kembali semua potensi desa yang telah rancang dan siapkan setahun sebelumnya," ucap Mujiono, Kepala Desa Deket Agung, Sugio, Lamongan, kepada LensaDesa.


Bawono Night Spectacular adalah konsep mempromosikan potensi wisata secara nonstop untuk seluruh potensi wisata dan UKM di Deket Agung. Agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. Dan menjadi tujuan utama wisata selama bulan Juni dan Juli ini.

Ambar Suyitno. Kepala BPD Deket Agung


"Kami akan membuka atraksinya juga dari pagi hingga malam. Tidak tanggung-tanggung. Jam 08.00 sudah buka dan jam 21.00 baru tutup. Semua SDM Desa berikut anak-anak karang taruna sudah siap berjibaku untuk menyambut wisatawan yang hadir. Kita all out pokoknya, supaya semua yang datang terpuaskan," tambah Ambar Suyitno, Ketua BPD Desa Deket Agung.


Sangat banyak atraksi yang ditawarkan dalam acara ini. Terutama untuk sarana bermain anak-anak. "Ada Sendang Bawono yang bisa menjadi kolam renang bagi anak-anak. Yang di dalamnya sudah kita kasih bola warna-warni sehingga akan membuat betah yang sedang nyemplung ke sendang. Ada pula komedi putar. Ada play ground untuk taman bermain. Ada kring-kring sepeda kuno. Dan banyak lagi. Pokoknya silakan datang dan liat sendiri bentuknya deh," tandasnya.

RAPAT BERSAMA. Dilakukan dengan Cara Santai


Tentu saja karena buka pagi sampai malam, banyak stand kuliner yang disiapkan. "Dan yang perlu dicatat, semua stand ini milik ibu-ibu PKK dan UKM desa Deket Agung. Tidak ada yang dari luar. Kita menyiapkan banyak menu, yang antar stand beda satu sama lain. Supaya pengunjung bisa berwisata kuliner sesuai keinginannya," tambah Raden Kusnadi, Direktur BUMDes.


Ditambahkan oleh Ambar, bahwa  diadakannya atraksi wisata Bawono Night Spectacular ini adalah untuk tujuan eksternal dan internal. Secara eksternal adalah memberikan hiburan yang murah dan meriah kepada masyarakat luas yang selama pandemi lebih banyak terkurung di dalam rumah. Agar tidak stres, mereka harus sesekali menghibur diri dengan mendatangi tempat hiburan yang membuat segar suasana dan pikiran.


Sedangkan secara internal, tambah Ambar, adalah untuk mengangkat kembali potensi desa yang selama satu tahun ini terpuruk. "Sendang Bawono pernah booming sebelum pandemi. Tapi kemudian meredup pada saat corona. Nah, sekarang kita bangkitkan lagi. Apalagi sekarang sarana dan fasilitasnya lebih banyak, lebih variatif," tandas Ambar Suyitno.

ATRAKSI MALAM HARI. Hiburan Murah Meriah Untuk Warga



Jika semua potensi itu bisa dihidupkan lagi, tambah Ambar, maka secara otomatis juga akan menambah PAD Desa Deket Agung. Dari pendapatan yang masuk itu nantinya akan dikembalikan ke masyarakat lagi dalam bentuk sarana prasarana atau program-program kesejahteraan masyarakat.


Maka warga Lamongan yang ingin menikmati berbagai atraksi wisata yang menghibur sekaligus menikmati berbagai sajian kuliner yang disuguhkan, silahkan datang ke Bawono Night Spectacular yang dibuka dari awal Juni hingga nanti akhir Juli. Sesuaikan saja waktunya, kapan sempatnya. Bisa datang pagi, siang, atau malam hari.


"Kami segenap panitia akan menyambut dengan sebaik-baiknya. Melayani dengan sepenuh hati. Dan tentu saja mengingatkan agar tetap menjalankan protokol kesehatan demi kebaikan semua pihak. Wellcome to Bawono Night Spectacular Deket Agung. Jangan ragu karena menjaga protokol kesehatan kita prioritaskan  untuk semua pengunjung," ucap Mujiono di akhir perbincangan.* (YUNUS HANIS SYAM)

LihatTutupKomentar