-->

TKI TANPA MASJID: BANTU MUSLIM KAGAWA PUNYA MASJID PERTAMA

 


Sidang Jumat yang Berbahagia...


Senangkah Anda ketika Islam bercahaya di mana-mana bahkan hingga di negeri Samurai? Yang tentu saja muslimnya masih minoritas. Yang belum punya tempat ibadah permanen tapi umat Islamnya terus bertambah!


Akan tetapi, senang saja tidak cukup bukan? Agar Islam terus tumbuh dan makin bercahaya di negeri Sakura tentu butuh perjuangan dan pengorbanan dari semua saudara muslim di mana pun berada. Agar impian Islam bisa berkibar di mana-mana itu bisa terwujud nyata!


Teman-teman TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang bekerja di distrik Kagawa, Jepang, bahkan sejak lima belas tahun yang lalu sampai hari ini ternyata belum punya masjid. Selama ini hanya punya masjid sementara atau tempat yang disulap menjadi ruangan salat saat hari Jumat atau saat ada acara pengajian bersama. Tidak tentu tempatnya. Berpindah-pindah.


Padahal jumlah TKI muslim makin banyak di Kagawa. Bahkan jumlah TKI di Kagawa mungkin paling besar dibandingkan kota-kota di Jepang lainnya. Namun, problemnya itu sama sekali belum ada masjid sebagai tempat tujuan untuk beribadah umat Islam. Masih nomaden! 



Mari kita membayangkan! Betapa sulitnya menjadi minoritas dan tidak punya tempat ibadah. Tidak seperti di negeri kita, yang di setiap kampung dengan mudah kita temukan masjid atau mushola. Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu saudara-saudara kita yang muslim di Kagawa?


Sudah pasti jika kita punya kelebihan harta harapannya kita bisa sedekahkan harta kita untuk panitia pembangunan masjid di Kagawa. Ya teman-teman TKI di Kagawa sedang merintis pengadaan sebuah masjid yang mereka impikan sejak lama. Sudah patungan dan bisa terkumpul hampir 52% dana yang seharusnya disiapkan untuk mengeksekusi sebuah rumah di kawasan strategis dekat stasiun kereta yang mudah dijangkau dari semua titik kota. 



Mari kita bayangkan, Andai yang punya kelebihan uang dan mau menyedekahkan untuk pembangunan masjid di Kagawa. Ya, cobalah kita membayangkan begini. Jika ada 5.000 orang Indonesia mau menyumbang masing-masing satu juta saja, maka selesailah problem pengadaan masjid di Kagawa. Karena akan terkumpul dana 5M dan itu akan menyelesaikan problem besar mereka. Tidak tergerakkah kita?


Jika masjid itu bisa berdiri tahun depan, Cahaya Islam akan bersinar terang di Negeri Sakura. Teman-teman TKI akan mudah beribadah. Masjid juga akan memudahkan orang-orang Jepang yang ingin tahu dan belajar tentang Islam. Kita ketahui bahwa jumlah mualaf di Jepang terus bertambah seiring bertambahnya masjid dan islamic center di kota-kota besar di Jepang.


Tapi seberapa orang Islam yang tergugah dengan persoalan masjid seperti ini? Lebih menohok lagi, seberapa banyak yang tergerak untuk menyedekahkan uang satu jutanya untuk membantu terealisasikannya sebuah masjid?



Sekali lagi, andai ada lima ribu orang dari 200 juta muslim di Indonesia ini mau membantu saudaranya sesama muslim Indonesia yang kini mencari nafkah di Kagawa maka problem yang dianggap besar itu tidak akan menjadi problem lagi. Hanya menjadi sekerikil batu sandungan saja. Karena dari lima ribu orang ini otomatis akan terkumpul uang sekitar 5M  yang itu sudah cukup membeli bangunan yang ada dan melengkapi semua peralatan ibadahnya.


Siapa yang tergerak untuk membantu saudara-saudara muslim kita? Siapa yang ingin mendapatkan satu kavling rumah di Surga? Karena ikut bersedekah untuk pembangunan masjid, seperti kata Rasulullah, sama halnya membangun rumah di surga.


Jika belum bisa bantu uang, bantu share tulisan ini, agar terbaca lebih banyak muslim. Dan sampai kepada mereka yang punya kelimpahan uang dan membantu donasi ke rekening yang ditunjuk.



Yang terbaik, lakukan keduanya. Bantu dengan uang dan bantu dengan share. 

Sekali lagi, jangan biarkan ada komunitas Muslim tanpa Masjid! Kita akan ikut menanggung dosanya jika itu terjadi! Prof Kuntowijoyo sudah lama mengingatkan hal itu dalam bukunya.

Tinggal kita tergerak dan tergugah apa tidak!


Jika ingin jelas tentang Masjid Kagawa, Anda bisa hubungi akun Facebook @KMI Kagawa atau lewat akun @Nanda Putra. Ada kontaknya di sana.


Untuk Donasi Pendirian Masjid Kagawa

Bisa disalurkan ke rekening #BNI 0667 9454 90

an Ellysa Putrina.

Itu adalah satu-satunya rekening untuk transfer donasi dari Indonesia. Tidak ada nama yang lain.


Anda juga bisa buka channel YouTube, ketik: BANGUN MASJID PERTAMA DI KAGAWA untuk mendapatkan gambaran perjuangan berdarah-darah para TKI kita untuk membangun Masjid yang Pertama di kota ini.


Mari kita bantu sekuat kita. Semoga itu akan menjadi amal jariyah yang pahalanya tak putus. 

Setidaknya kita bisa bantu share informasi ini. Semoga itu juga memberi satu catatan pahala buat kita! Bukankah jika kita membantu masalah orang lain, Allah akan bantu juga masalah kita?


Demikianlah. Semoga perjuangan TKI Muslim Kagawa akan membawa  Islam Makin Bercahaya  di Negeri Sakura. Mari kita bantu!* (A.K. Ebo)

LihatTutupKomentar