-->

SEPEDA SANTAI, BPP KEMBANGBAHU: Obral Hadiah Saprotan Untuk Peserta



LENSADESA. Peringatan Agustusan yang biasanya ramai  setiap tahun, kali ini relatif sepi. Tak ada lomba-lomba di desa-desa. Namun demikian, hari Minggu kemaren BPP Kembangbahu mengadakan acara sepeda santai bersama untuk menggembirakan warga masyarakat sekaligus memperingati HUT RI ke-75. Sangat meriah dan banjir hadiah.

"Masyarakat ini sudah terlampau lama berdiam di rumah tanpa pergerakan. Bisa mengakibatkan kejenuhan juga. Itulah sebabnya kami punya ide untuk membuat acara yang  bisa menggerakkan kembali masyarakat, bergembira bersama, sekaligus mempunyai  unsur olahraganya. Maka kita pilih mengadakan acara sepeda santai," ujar Sawin Lopangga, mewakili KUPT (Ketua Unit Pelakasna Tani) Kembangbahu saat diwawancarai LensaDesa.

Menurut Sawin, dipilih acaranya dalam bentuk sepeda santai karena program ini akan melibatkan peserta secara masal. Dengan bersepeda otomatis masih ada jarak social distancing antarpeserta. Masyarakat bisa bersenang-senang tapi juga tetap aman.  Sesuai protokal kesehatan yang dianjurkan pemerintah di saat ada peristiwa pandemi.



"Jadi, selain masyarakat  bisa bersosialisasi lagi, olahraga sepeda santai ini juga akan membuat pesertanya menjadi sehat.  Sehat jiwa raganya," tandasnya.   
   
Acara sepeda santai ini dimulai dengan strart di halaman Gedung BPP Kostratani Kembangbahu, yang terletak di desa Lopang. Dari Lopang peserta bergerak sejauh 15 kilometer ke arah timur melewati Desa Tikung, belok ke arah Desa Randu Bener sampai di pertigaan Desa Puter yang merupakan pertengahan perjalanan. Dari Desa Puter peserta berbelok ke arah barat menuju Desa Kembangbahu dan mengakhiri rutenya kembali di Desa Lopang, balik ke halaman Gedung BPP sebagai tempat finish.

Acara Sepeda Santai BPP Kembangbahu ini dibuka dengan kata sambutan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lamongan, Ir. Aris Setiadi, MM. Ikut hadir dalam pembukaan ini adalah jajaran Muspika Kecamatan Kembangbahu. Mulai Camat Kembangbahu, Danramil Kembangbahu, dan Kapolsek Kembangbahu. Ada juga sejumlah tokoh masyarakat yang juga ikut hadir dan menyemarakkan suasana lomba.


Muhammad Pribadi, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kembangbahu, mengatakan bahwa jumlah total peserta yang mengikuti acara sepeda santai ini mencapai 600 orang lebih. "Itu melebihi target. Karena sebelumnya kita perkirakan hanya akan diikuti 300-400 peserta. Tapi sambutan masyarakat ternyata di luar dugaan. Sangat antusias. Dan, kita tidak bisa menolaknya," jelasnya.

Setelah semua peserta sampai di garis finish, untuk meredakan kelelahan dari peserta, panitia langsung memberikan hiburan dengan menampilkan sejumlah penyanyi di atas panggung. 

Dan puncaknya adalah acara pemberian doorprize untuk peserta yang beruntung. "Ada seratus door prize berupa sarana produksi pertanian atau saprotan  yang disediakan panitia. Untuk membuat acara ini lebih seru dan meriah," jelas Sawin.


Dari mana door prize sebanyak itu diperoleh? Menurut Sawin, semua door prize merupakan sumbangan dari paguyuban toko sarana pertanian dan pupuk swadaya yang ada di wilayah Kembangbahu dan sejumlah Gapoktan. "Mereka yang berembug sendiri dan siap saling memberi sumbangan untuk door prize peserta. Demi suksesnya acara ini. Ibarat kata, acara sepeda santai ini kita sengkuyung bareng-bareng dengan semangat kebersamaan dan gotong royong," tandasnya.

Abdurahim, peserta sepeda santai yang datang dari Desa Kedungmegarih bersama grupnya, ketika diminta tanggapannya atas acara ini menyatakan sangat senang dan puas dengan diselenggarakannya event ini. 

"Bagus pokoknya. Meriah dan tertib. Kita bisa ketemu lagi dengan teman-teman yang lain, yang sekian bulan tak bisa ketemu. Badan juga sehat. Dan hadiahnya juga banyak. Jadi, badan kita jadi sehat karena olahraga, hati juga senang karena pulang masih membawa banyak hadiah. Saya acungi jempol deh. Moga-moga nanti ada lagi acara sepeda santai yang meriah seperti ini," ucapnya.* (Miftah MM)

LihatTutupKomentar